E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

Book This Week: The Momentum Effect

Judul: The Momentum Effect: How to Ignite Exceptional Growth
Penulis: J.C. Larreche
Halaman: 352
Penerbit: Wharton School Publishing; 2008
Harga: $29.99

Petumbuhan fantastis dalam jangka panjang (exceptional growth) adalah dambaan setiap perusahaan. GE, BMW, atau Apple setalah Steve Jobs menjadi nakhoda, menikmati exceptional growth ini. Pertumbuhan itu “exceptional” karena, pertama, laju pertumbuhannya fantastis. Kedua, karena pertumbuhan fantastis tersebut berkualitas tak hanya dari sisi “top line” alias omset, tapi justru yang lebih penting adalah ”bottom line” alias profit.

The Momentum Effect

The Momentum Effect

J.C. Larreche, penulis buku ini, berargumentasi bahwa exceptional growth itu bukanlah terjadi kebetulan, tetapi melalui sebuah strategi dan proses yang sistematis untuk menciptakan apa yang disebutnya “momentum effect”. Dengan menjalankan “momentum strategy”, perusahaan akan mampu menghasilkan potensi pertumbuhan luar biasa yang tak bakal didapatkan melalui strategi efisiensi konvensional atau strategi kompetitif biasa.

Dalam buku ini J.C., begitu si penulis biasa disapa, menawarkan resep 8 langkah proses yang mencakup dua aspek yaitu perancangan momentum (Momentum Design) dan eksekusi momentum (Momentum Execution), di mana masing-masing aspek ini membentuk sebuah siklus. Menariknya, menurut J.C., pembentukan momentum ini terjadi melalui proses interaktif dan iterative, jadi bukan sebuah proses step-by-step yang secara gampang terjadi. Itu sebabnya, ketika momentum betul-betul tercipta di perusahaan Anda, maka pesaing sulit menirunya, karena momentum tersebut terbentuk melalui proses yang polanya sulit teridentifikasi.

Membaca buku ini saya teringat konsep “value innovation”-nya Chan Kim dalam Blue Ocean Strategy (kebetulan keduanya profesor dari INSEAD). Inti konsepnya sama, menghasilkan extraordinary value di satu sisi, tapi menghabiskan resources yang sedikit, di sisi lain. Sama dengan buku Blue Ocean Strategy, buku ini menggunakan framework yang sangat kokoh berikut tools-tools yang cukup komprehensif untuk menuntun kita mengimplementasi momentum strategy di perusahaan.

Kalau Anda mau beli bukunya, saya melihat buku ini sudah tersedia di beberapa toko buku di Jakarta. Kalau Anda nggak beli, saya sarankan masuk ke www.themomentum effect.com, karena di situ Anda akan mendapatkan banyak resource bacaan berikut tools-tools nya yang cukup lengkap.*

7 comments

1 savic { 09.20.08 at 8:14 am }

wah, cari bukunya ah… kalo ada waktu kpn-kpn boleh ngobrol bung? btw saya punya bisnis: toko online http://www.khatulistiwa.net, dan kadang juga ngomong di seminar-seminar…

2 yuswohady { 09.20.08 at 8:39 am }

dengan senang hati

3 marzukie_rebellious { 03.20.10 at 8:59 am }

saya lg nyari bahan tentang momentum strategi nih mas……klo ada referensi2 ya mohon bantuannya…..Terima kasih.

4 yuswohady { 03.20.10 at 11:55 am }

Coba aku cari2 ya, setahuku itu terminologi penulisnya, bukan sebuah konsep strategi yg diterima luas oleh akademisi maupun praktisi manajemen mas. Tapi aku coba cek apakah mmg sdh diterima scr luas dan byk pengikutnya. Tx

5 marzukie_rebellious { 03.20.10 at 12:27 pm }

maksud saya itu lho “momentum investment strategy” atau momentum strategy yang dipopulerkan oleh Jegadeesh and Titman. soalnya kebanyakan cuma di jurnal mas, itu juga bahasanya non-Indoneisa…hehe….
nah, ada kah referensi2 lain yang mas taw……yang bahasa indonesia, selain jurnal….buku maybe……Thx….

6 yuswohady { 03.20.10 at 1:08 pm }

Wah nggak tau tuh… Berarti itu strategi investasi donk? Aku dulu kuliah S2 finance, tp sampai skrg rasanya kok ngeri2 ya? Hehehe. :)

7 marzukie_rebellious { 03.21.10 at 2:35 am }

haha….

Leave a Comment