E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

#GenM yang Kian Religius

Luar biasa!!!
10 hari terakhir bulan puasa, Jumat lalu (16/6), setidaknya ada 30 ribu muslim membanjiri Masjid Istiqlal untuk beritikaf. Itikaf adalah aktivitas berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya.

Menariknya, ini tak hanya terjadi di Masjid Istiqlal, tapi sudah menjadi tren di berbagai masjid di seluruh Tanah Air. Kini itikaf sudah menjadi sebuah lifestyle yang keren di kalangan kaum muslim urban kita.

Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana masjid penuh hanya di minggu pertama Ramadhan. Setelah itu, dari hari ke hari masjid kian sepi, dan puncaknya menjelang lebaran masjid kosong-melompong karena kita sibuk bersiap-siap mudik.

Fenomena apa ini?

Inilah apa yang saya sebut fenomena #GenM alias “generation muslim”. Kaum muslim yang muda, modern, urban, techy, universal, dan makmur kini SEMAKIN RELIGIUS.

Di dunia Barat, semakin makmur warganya, semakin pintar mereka, maka justru mereka semakin atheis. Di Indonesia sebaliknya, semakin makmur kaum muslim kita, semakin pintar mereka, maka SEMAKIN RELIGIUS pula mereka.

Buktinya…
- Yang dulunya kaum muslimah tak begitu peduli menutup aurat, kini semakin banyak hijrah mengenakan hijab. Hijabers lifestyle menjadi mainstream budaya pop.
- Dulu tak pernah peduli kosmetik halal, kini kehalalan menjadi pertimbangan utama dalam memilih kosmetik.
- Dulu tak pernah peduli riba, kini pengelolaan aset harus dibersihkan dari kotoran riba.
- Properti dengan skema pembiayaan syariah menjadi kian diminati.
- Zakat, wakaf, dan sedekah yang disalurkan Rumah Zakat atau Dompet Duafa tumbuh begitu pesat: makin kaya, makin memberi.
- Film, musik, sinetron, novel bertema kebaikan Islam begitu digandrungi.
- Kelas menengah muslim kita semakin sering umroh.
- …and many more exciting trends.

Intinya,
(1) Mereka mulai menempatkan KONSUMSI sebagai bagian dari IBADAH.
(2) Dan, mereka menempatkan KEPATUHAN pada ajaran-ajaran Islam sebagai PERTIMBANGAN UTAMA dalam pengambilan keputusan pembelian.

Obrolannya…

Temen-temen yang lagi mudik di Yogya, yuk ikuti diskusi dan obrolannya…

Talkshow #GenM Yogya, Juni 2017