E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

#KelasInspirasi di Sidji Batik, Yogya

Mas Karman @KarmanMove adalah sosok #givingleader yang luar biasa. Ia menjalankan bisnis batiknya dengan spirit of giving yang sarat pearifan dan kemuliaan. Persis seperti kata-kata bijak “the more you give, the more you get”, bisnis Sidji Batik di tangan Mas Karman berkembang begitu pesat karena semangat memberinya yang melimpah ruah. Semakin banyak ia memberi, semakin ia mendapatkan keberkahan dan kesuksesan bisnis. “Bagi yang punya usaha, jangan kejar keuntungannya, kejarlah berkahnya maka bisnismu yang berlimpah itu akan mengikuti,” ujarnya mantap.

Bagi saya mas Karman dengan Sidji Batik-nya adalah sosok yang istimewa karena beberapa hal. Pertama, ia adalah seorang brand builder luar biasa. Ciri utama seorang brand builder adalah dia mampu menyuntikkan nilai (value-added) kepada produk atau layanan yang ia kembangkan sehingga bernilai tinggi di pasar. Ia berhasil membawa keagungan dan keeksotikan batik ke pasar Amerika Serikat, Hong Kong, Singapura, Pakistan, bahakn Maroko. Warga dunia kepincut pada rancangan Sidji Batik yang unik dan bersandar pada kearifan lokal.

Setiap desain Sidji Batik hanya diaplikasikan pada satu kain. Karenanya, tidak ada satu pun karya Sidji Batik yang memiliki duplikasi. Andai kata ada pengulangan pola, warnanya pasti berbeda. Sedangkan jika ada pengulangan warna, polanya pasti berbeda dan semua itu adalah batik tulis. Karena itu Sidji Batik mengusung tagline “Limited Handmade Batikworks” yang sekjaligus menjadi core differentiation-nya.

Kedua, mas Karman adalah salah satu pahlawan batik Indonesia karena upayanya melestarikan batik tulis yang dari waktu ke waktu kian tersingkir oleh kemajuan teknologi cetak. Dengan keikhlasan dan ketekunan, mas Karman mbok-mbok pencanting batik agar kearifan budaya Nusantara ini tak punah. Akhir tahun lalu Sidji Batik menggelar Sidji Batik Awards, sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada ibu-ibu sepuh yang selama lebih dari 30 tahun (bahkan 50 tahun) konsisten dan istiqamah menjalani profesi sebagai pembatik tulis. Bisnis tak harus menjadi predator, bisnis seharusnyalah mengayomi yang kecil dan lemah. Dengan begitu Mas Karman mencapai sukses bisnis yang bertabur kemuliaan.

Kita akan bertemu dan mendapat pencerahan dari Mas Karman langsung di lokasi Sidji Batik Studio di Bantul dalam #KelasInspirasi Komunitas Memberi pada:

Hari/Tanggal: Minggu, 25 Mei 2014, Pukul 09.00 – 12.00 WIB
Tempat: Sidji Batik Studio, Desa Wijirejo, Pandak, Bantul, DI Yogyakarta
Tema: “Bring Batik to the World: The Story of Sidji Batik”
Pembicara: Karman, Pendiri Sidji Batik

Jangan lupa, dalam rangka program #GoesToNusantara Komunitas Memberi di Yogya, kami juga akan menggelar #KelasKeterampilan dalam bentuk workshop sehari pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 24 Mei 2014, pukul 09.00 -  17.00 WIB
Tempat: Telkom Witel Yogya, Jl. Yos Sudarso 9, Yogyakarta
Tema: “Branding for UKM”
Fasilitator: Yuswohady, Pakar Pemasaran dan Ketua Umum Komunitas Memberi

Yuk para UKMers Yogya waktunya belajar belajar branding agar kita bisa naik kelas menjadi UKM kelas dunia, ingat tahun depan pasar ASEAN dibuka. Jadi di hari Sabtu (24/5) kita belajar prinsip-prinsip branding untuk UKM dan hari Minggu (25/5) nya mengupas case penerapannya dengan berkunjung langsung ke Sidji Batik Studi dan berdiskusi dengan Mas Karman. Wow.. Belajar yang ruarrr biasa.

Temen-temen UKMers Yogya yang mau ikutan acaranya gratis, cukup daftar dengan mengirim data kamu: Nama, No HP, akun Twitter, alamat email, dan nama perusahaan/lembaga (kalau ada) ke email: kelas.komunitasmemberi@gmail.com dengan subject email: Daftar #KelasInspirasi. Sorry euy, web www.memberi.org lagi down terpaksa manual. CU @ kota Gudeg.

2 comments

1 Mici { 05.22.14 at 2:44 am }

“Bagi yang punya usaha, jangan kejar keuntungannya, kejarlah berkahnya maka bisnismu yang berlimpah itu akan mengikuti,”
keren pak..saya sudah bertemu beberapa pengusaha lokal yg berpsinsi seperti itu, dan mereka biasanya juga jadi sukses

2 iwan { 05.27.14 at 9:27 pm }

menjadi pengusaha sebenarnya adalah sebuah pilihan. tidak semua orang bisa menjalani. tapi, jika kita ingin cepat kaya dan bisa membantu orang lain lebih banyak, jadilah pengusaha. dukung UKM!!

Leave a Comment