E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

Pengantar Diskusi Garuda Indonesia

Event: #KelasInspirasi @memberiID visit to Garuda Indonesia
Tanggal: Senin, 24 Februari 2014, 08.30 -12.00 WIB (jam berubah lho..)
Tempat: Garuda Indonesia HQ dan Garuda Maintenance Facility (GMF)
Tema: Membedah “Garuda Indonesia Experience”
Pembicara: Faik Fahmi, Direktur Layanan, Garuda Indonesia (Moderator Yuswohady)

Kalau Anda mau belajar customer service, belajarlah di hotel dan airlines. Ya, karena dua industri ini berada di “cutting edge” begitu kita bicara customer service dan hal-ihwal menciptakan delight customer experience.

Di dua industri ini setiap titik persentuhan dengan konsumen (touch point) digarap secara super serius dan super detail sehingga mampu menciptakan memorable experience bagi si konsumen. Nah, temen-temen, bulan ini kita mendapatkan kesempatan emas bertatah belian untuk belajar customer service dan customer experience dari salah satu airline terbaik di dunia, Garuda Indonesia.

Nah, sekelumit postingan ini sengaja saya tulis untuk mengantar diskusi dengan pak Faik Fahmi yang secara langsung “turun gunung” memberikan memorable sharing.

Konsep layanan Garuda Indonesia yang unik, authentic, dan sangat Indonesia ini dikenal luas sebagai “Garuda Indonesia Experience”. Konsep layanan kelas dunia ini oleh Garuda Indonesia dikatakan sebagai “a new concept of service designed to allow passengers to experience Indonesia at its best.” Prinsipnya, konsep layanan baru ini mencoba menyentuh panca indera kita (five sense: sight, sound, scent, taste, touch) dan 24 customer touch points (mulai dari pre-journey, pre-flight, post flight, hingga post-journey) untuk menciptakan memorable customer experience..

Gampangnya, ketika Anda terbang bersama Garuda maka Anda akan disuguhi pengalaman khas Indonesia: sapa dan senyum khas Indonesia, makanan khas Indonesia, lagu daerah khas Indonesia dengan aransemen mutakhir Adi MS, sentuhan khas Indonesia. Dengan langkah ini Garuda sekaligus melakukan country branding “menjual” keunikan Indonesia ke masyarakat dunia. Sebuah strategi branding yang tak hanya smart, tapi juga mulia.

Gambaran konsep “Garuda Indonesia Experience” bisa dilihat di sini: Garuda Indonesia Experience Concept

Konsep “Garuda Indonesia Experience” memang menarik dikupas, tapi yang membuat saya justru paling penasaran adalah layanan First Class yang diluncurkan awal September tahun lalu. Layanan pre-flight, in-flight, dan post-flight di pesawat baru Boeing 777-300ER ini menghebohkan karena memiliki standar melebihi layanan hotel bintang 5.

Berbagai layanannya yang luar biasa mulai dari layanan penjemputan menggunakan limousine, special assistance yang selalu melayani dengan hati, New First Class Lounge di bandara Soetta, 8 First Class suite yang mewah abis, personalised fine-dining dengan chef spesial di pesawat,  in-flight entertainment system, hingga akses internet di ketinggian 10.000 kaki (via GSM dan WiFi), semuanya merupakan salah satu paket layanan first class terbaik di dunia saat ini. Nggak gampang lho membesut layanan kelas wahid macam ini.

Gambaran layanan First Class Garuda Indonesia bisa dilihat di sini: “The First Class Experience with Garuda

Kunjungan Memberian ke Garuda Indonesia menjadi istimewa, karena penjelasan mengenai seluruh konsep layanan Garuda Indonesia di atas akan dipaparkan sendiri oleh Pak Faik Fahmi, Direktur Layanan, yang mengarsiteki keseluruhan konsep layanan kelas dunia Garuda Indonesia.

Saya kira cukup segitu aja pengantar saya ya, lumayan untuk bahan diskusi dengan Pak Faik. Ingat, jangan sampai sedetik pun momen terlewat, jangan lupa untuk sebanyak mungkin tanya, gunakan kiat aji mumpung… kwkwkwkk… “ini ilmu maaaan!!!”

Untuk teknis acara, paparan Pak Faik akan dimulai pukul 08.30 (pagi amiiir, yang Depok dan Bekasi pusing deh.. kwkwkwkkk), dilanjutkan field visit ke Garuda Maintenance Facilities (GMF) sekitar pukul 10.30, dan kemudian ditutup dengan makan siang berakhir sekitar pukul 13.00. Mohon maaf temen-temen, jadwal bergeser pagi, karena Pak Fak harus mengikuti rapat bersama direksi lain siangnya.

Temen-temen yang butuh tebengan ke Cengkareng bisa terus pantau @memberiID dan www.memberi.org, nanti akan diinfokan posisi-posisi mobil yang bisa ditebengi dari berbagai wilayah Jakarta.

Woow, yang daftar udah hampir 200 orang! Yuk UKMers.. belajaaaaar!!!!

Alamat Garuda Indonesia:
Management Building, Garuda City
Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng 19120
Telp: (021) 5591 5671

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment