E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

Yuk Bangun Brand UKM Indonesia

UKM harus optimis menyambut 2014!!!
Walaupun 2014 adalah tahun penuh ranjau dan pergolakan (rupiah terjun bebas, ekonomi melambat, gonjang-ganjing pemilu), dengan berbekal kapabilitas berkelas dunia, UKM harus optimis bisa “menyalip di tikungan” dan memenangkan persaingan.

Komunitas Memberi (@memberiID) terpanggil untuk memberikan kontribusi memandu UKM nasional dalam membangun brand melalui capacity building. Misinya jelas, membangun kapabilitas UKM kita agar memiliki standar berkelas dunia (world-class best practices) untuk menyongsong Asean Economic Community (AEC 2015) dan globalisasi.

Kegiatan capacity building tersebut dikemas dalam tiga format yaitu: #KelasInspirasi (inspiration sharing), #KelasPengetahuan (knowledge development), dan #KelasKeterampilan (skill building). #KelasInspirasi bertujuan memberikan inspirasi kepada pelaku UKM biasanya berupa company visit (2-3 jam) sehingga bersifat experiential dan fun. #KelasPengetahuan bertujuan memberikan pengetahuan dalam bentuk seminar (2-3 jam). Sedang #KelasKetrampilan memberikan ketrampilan teknis dalam bentuk workshop (1-3 hari). Kegiatannya dilakukan untuk berbagai bidang yang terkait dengan operasi UKM mulai dari marketing, sales, keuangan, manajemen SDM, customer service, operasi, hukum, dsb.

Di tahun 2014 ini, di samping #KelasInspirasi berupa kunjungan ke perusahaan-perusahaan kelas dunia yang dibesut tiap bulan, Komunitas Memberi akan berkonsentrasi menggelar #KelasPengetahuan dan #KelasKeterampilan untuk membangun kapasitas manajemen UKM kita. Secara umum agenda ke-dua kelas tersebut selama setahun (12 bulan) terlihat pada tabel.

Agenda #KelasPengetahuan dan #KelasKeterampilan 2014 (agenda masih bisa berubah secara dinamis)

Program selama setahun tersebut bisa diikuti oleh owner/manajer UKM secara gratis dengan mendaftar di blog www.memberi.org. Mengingat sumber daya yang terbatas, tahun ini kami akan menyeleksi para pendaftar dan menetapkan sekitar 80 UKM yang bisa mengikuti program selama setahun tersebut. Kriteria umumnya adalah, UKM harus sudah beroperasi minimal selama 3 (tiga) tahun, mengingat di level tersebut UKM mulai membutuhkan kemampuan manajemen yang solid dan sistematis.

Kami mengundang teman-teman owner/manajer UKM untuk berpartisipasi dalam program ini dan berkomitmen membangun brand UKM Indonesia yang kokoh sehingga mampu berkompetisi di pasar regional-global. Nasib dan kejayaan bangsa ini ada di tanganmu, mari bangun Indonesia yang kekar di kancah dunia.

Kami percaya Indonesia yang hebat akan bisa terbangun oleh ribuan bahkan jutaan UKM yang hebat.

Viva UKM!!! Viva Indonesia!!!
Ayuuuk!!! Cepetan daftar di: www.memberi.org

3 comments

1 poppy { 01.12.14 at 9:53 am }

Yaah.. harus minimal udah 3 tahun yaa.. sediih deh ga bisa ikutan :(

2 vera { 01.15.14 at 8:05 am }

Sukses

3 Pesantren UKM — yuswohady.com { 01.25.14 at 12:28 am }

[...] misi yang ingin diwujudkan komunitas ini. “Small is beautiful”. Untuk itulah diperlukan capacity building untuk membawa mereka menjadi berkelas [...]

Leave a Comment