E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

PPM Book Talk: Great Spirit, Grand Strategy

Arief Yahya adalah business leader yang percaya 1000% bahwa karakter mulia adalah sumber hakiki kesuksesan jangka panjang perusahaan. “Character building adalah pekerjaan pertama dan paling utama bagi setiap pemimpin, apakah itu pemimpin perusahaan ataupun negara,” ujarnya.

Itu sebabnya, begitu menjabat direktur utama Telkom satu setengah tahun yang lalu, Pak AY, begitu ia biasa di panggil, langsung melakukan gebrakan-gebrakan yang fokusnya adalah membangun SDM berkarakter. Ia berupaya mentransformasi Telkom menjadi sebuah spiritual organization; membentuk Telkom Corporate University (Corpu); hingga menginisiasi global talent program (GTP) untuk mengembangkan talent pool berkelas dunia.

Pak AY berprinsip bahwa karakter yang dibangun di dalam perusahaan haruslah dilandasi dan bersumber pada nilai-nilai spiritual yang agung dan mulia. Untuk dapat membangun budaya perusahaan yang kokoh maka setiap organisasi haruslah menempatkan nilai-nilai spiritual pada posisi sentral dan menjadi roh keberlangsungan organisasi tersebut.

Ia berkeyakinan, apabila nilai-nilai spiritual melandasi tugas dan pekerjaan setiap karyawan, maka ini akan menjadi sebuah power yang luar biasa. “Ketika karyawan menyikapi pekerjaan-pekerjaannya di kantor sebagai perwujudan ibadah kepada Tuhan, maka tentu saja hasil akhir pekerjaan mereka akan luar biasa,” tambahnya.

Bagi pak AY karakter mulia haruslah mengacu dan berlandaskan nilai-nilai luhur universal yang terkandung dalam ajaran agama-agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan sebagainya. Karena nilai-nilai kebaikan yang luhur ini bersifat universal maka ia ada di semua agama dan tak bertentangan satu sama lain. Karakter mulia itulah yan kemudian diterjemahkan menjadi kinerja bisnis yang luar biasa. Inilah yang ia sebut sebagai “From Character to Commerce”.

Dengan prinsip “from character to commerce”, maka misi sebuah organisasi memiliki misis spiritual yang mulia yaitu  membawa kemanfaatan kepada segenap umat manusia (rahmatan lil alamin) dalam rangka ibadah dan pengabdian kepada Tuhan. Wow… begitu indahnya.

Temen-temen mau tahu butir-butir pemikiran bisnis pak AY yang terangkum dalam buku terbarunya Great Spirit, Grand Strategy (Gramedia Pustaka Utama, 2013, kebetulan buku ini saya editori, hehehe..)? Yuk ikutan bedah bukunya pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 19 Desember 2013, pk.14-17 WIB
Tempat: Kampus PPM, Jl. Menteng Raya 9, Jakarta
Tema: Great Spirit, Grand Strategy
Nara Sumber: Arief Yahya, Dirut Telkom
Pembahas: Yuswohady

Yuk serbuuuuu… gratis!!!

Temen-temen yang ikutan mention akun Twitter: @memberiID ya…

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment