E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

Consumer 3000: Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia

*Hadir di Toko Buku Gramedia September 2012

Setelah melalui proses perenungan dan pemikiran selama hampir dua tahun, akhirnya buku ini selesai saya tulis. Ide mengenai potensi luar biasa konsumen kelas menengah Indonesia (saya sebut: Consumer 3000) pertama kali saya cetuskan pada akhir tahun 2010 saat saya memberikan seminar bertajuk: “Indonesia Marketing Outlook 2011” di Medan. Sejak saat itu saya begitu passionate menulis baik di blog maupun di surat kabar/majalah untuk mengungkap fenomena revolusi konsumen kelas menengah di Indonesia. Percik-percik pemikiran itulah yang kemudian membentuk bangunan buku ini.

Melalui karya rintisan mengenai konsumen kelas menengah di Indonesia ini saya mengajak para pembaca untuk menyelami 40 fenomena perilaku konsumen kelas menengah Indonesia dan kemudian mengeksplorasi 40 ide-ide luar biasa untuk menggarap pasar kelas menengah di Indonesia. Itu sebabnya buku ini saya beri tagline: “The 40 Great Ideas to Win the Biggest and Most Profitable Market in Indonesia”. Buku ini membawa Anda untuk merenung, mengeksplorasi, dan akhirnya menemukan ide-ide breakthrough untuk memenangkan pasar paling besar dan paling menguntungkan di Indonesia.

Buku ini menyebut “revolusi kelas menengah di Indonesia” karena pertumbuhannya yang luar biasa. Selama kurun waktu 1999-2009 konsumen kelas menengah telah melonjak hampir dua kali lipat. Kini jumlahnya telah mencapai 130 juta lebih atau sekitar 60% dari jumlah penduduk Indonesia. Seiring dengan kemajuan ekonomi Indonesia, mereka bertambah 8-9 juta setiap tahunnya. Mereka adalah pasar yang luar biasa.

Konsumen dengan pengeluaran US$2-20 perhari ini merupakan segmen pasar yang paling besar dan  paling menguntungkan di Indonesia karena mereka membeli dan mengkonsumsi produk dan layanan advance seperti gadget, TV flat, lemari es, AC, mobil, beragam layanan perbankan, beragam produk investasi, asuransi, hingga liburan ke luar negeri. Mereka adalah para profesional, entrepreneur, supervisor pabrik, ibu rumah tangga, pegawai negeri, guru/dosen, mahasiswa, dokter, arsitek, atau bankir dengan kemampuan daya beli tinggi.

Buku ini meyakini bahwa revolusi kelas menengah di Indonesia akan menciptakan tsunami perubahan konsumen. Revolusi itu menciptakan jenis konsumen baru, peta kompetisi baru, dan lanskap bisnis baru. Ia menciptakan dunia yang sama sekali baru bagi para pemasar. “We enter a whole new world”. Dunia baru yang penuh tantangan; dunia baru yang penuh peluang; dunia baru yang penuh kecemerlangan.

Revolusi kelas menengah adalah fenomena baru di Indonesia. Hai para pemasar, enduslah perubahannya, tangkap peluangnya, dan… be the first! Karena menjadi yang pertama di benak konsumen akan menentukan apakah Anda menjadi pemenang atau sebaliknya pecundang. Be the middle-class brand!

Buku ini wajib dimiliki oleh setiap pemasar karena merupakan referensi satu-satunya mengenai konsumen kelas menengah Indonesia. Buku mulai tersedia di toko-toko buku pada pertengahan September 2012. Tapi pre-order sudah bisa dilakukan sekarang untuk Signature Edition dengan tanda tangan penulis.


Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function wp_related_posts() in /home/aaals1k/public_html/wp-content/themes/neoclassical/single.php:19 Stack trace: #0 /home/aaals1k/public_html/wp-includes/template-loader.php(74): include() #1 /home/aaals1k/public_html/wp-blog-header.php(16): require_once('/home/aaals1k/p...') #2 /home/aaals1k/public_html/index.php(17): require('/home/aaals1k/p...') #3 {main} thrown in /home/aaals1k/public_html/wp-content/themes/neoclassical/single.php on line 19