E=wMC2 | Marketing Becomes Horizontal
Random header image... Refresh for more!

YOU Are a Media Company

Ketika Anda punya blog; ketika Anda punya akun Facebook; ketika Anda punya akun Twitter; ketika Briptu Norman menjadi mega bintang dalam semalam oleh situs ajaib bernama YouTube; maka secara resmi Anda telah menjadi “MEDIA COMPANY”.

YOU are a media company. YOU are as powerful as media giant like Kompas or CNN.

Apa bedanya Anda dengan Kompas atau CNN? CNN menyiarkan berita revolusi Mesir KE SELURUH DUNIA!!! Anda menyiarkan twit-twit Anda (twit apa saja: belasungkawa tsunami Jepang, skandal Ariel Peterpan hingga menjadi trending topic dunia, atau komentar laga Barca vs MU) KE SELURUH DUNIA!!!

Kompas memberitakan Nazarudin dan Neneng yang ngumpet di Singapura KE SELURUH TANAH AIR!!! Anda menggulirkan viral berita #petimati KE SELURUH TANAH AIR!!!

Lalu apa bedanya Anda dengan Kompas atau CNN?

Yup!!!
Ketika media menjadi demikian murah, mendekati zero; Ketika alat-alat untuk memproduksi konten demikian murah, mendekati zero; ketika media gratis seperti Facebook, Twitter atau YouTube memungkinkan Anda menjangkau audiens di manapun di muka bumi ini; maka tak terelakkan lagi, Anda telah sahih menjadi MEDIA COMPANY!!!

Seperti umumnya perusahaan media, Anda bisa memproduksi, mengkurasi, menerbitkan, dan menyebarkan konten kepada audiens Anda (saya menyebutnya dengan 3F: fans, friends, followers) di manapun seluruh pelosok bumi. Kemunculan media sosial memungkinkan Anda menjadi penerbit konten yang powerful. Saking powerful-nya, bahkan majalah TIME kemudian menobatkan “YOU” sebagai “Person of the Year 2006”.

Kalau Anda bukan Jupe, hakim Syarifudin, atau konglomerat yang bergelimang duit, Anda pasti akan sangat sulit bisa nongol di RCTI. Kalau Anda bukan anggota DPR yang demen talk show atau peserta kongres PSSI, sudah dipastikan Anda akan sangat amat sulit masuk layar TVOne.

Namun kini, dengan adanya situs gratis YouTube dan bekal kreatifitas plus sedikit nekad Anda bisa narsis nongol di TV disaksikan jutaan penonton. Dengan bekal ponsel murah yang dibeli di Glodok, Anda akan bisa nampang seperti Briptu Norman disaksikan orang dari seluruh pelosok Bumi. Begitu gampang Anda menjadi “bintang dalam 15 detik” seperti dibilang perupa pop Andy Wahrol.

Untuk bisa menulis artikel di Kompas, Anda harus bersaing dengan ratusan artikel yang masuk tiap hari; sebagian besar ditulis penulis top dan figur publik. Kalau artikel Anda tidak sehebat Artikel mereka, kecil sekali kemungkinan artikel tersebut diterima redaksi Kompas. Namun kini, dengan blog atau Facebook Anda bisa menulis puluhan bahkan ratusan artikel, kalau Anda mau, yang dibaca 3F Anda di seluruh dunia. Untuk bisa menerbitkan artikel di Facebook, modal Anda cuma satu: Dengkul!!!

YOU are a media company because YOU can produce and publish content to your fans, friends, and followers. Di era media sosial Anda bisa membikin artikel, tweets, blog posts, quotes, joke, foto, video, status updates, konten apapun, yang mampu menjangkau jutaan audiens di seluruh dunia.

Lalu apa konsekuensinya kalau Anda adalah media company? Dampaknya, personal branding becomes very important!!! Ketika Anda adalah media company maka kemudian brand Anda menjadi sedemikian penting. In the age of social media, the most important brand is YOU.

Dan, kalau Anda menjadi brand, maka Anda harus punya competitive advantages; Anda harus punya solid positioning; Anda harus punya point of differentiation; Anda harus punya identitas dan karakter; Anda harus punya warna yang membedakan dengan brand lain. Sebagai brand Anda harus punya unique selling point (USP).

Di jagat Twitter misalnya, @SafirSenduk punya USP tips perencanaan keuangan; @Ndorokakung punya USP info-info yang renyah tapi bernas; @Radityadika punya point of differentiation melalui sentilan-sentilan yang ngocol dan fun;  @Hotradero punya unique positioning sebagai twitpedia yang kaya pengetahuan umum; @Komarhidayat peduli persoalan negara dengan ulasan-ulasan kritis dan jujur; saya sendiri @yuswohady mencoba fokus di marketing dan media sosial.

Sebagai media company, Anda sekaligus adalah seorang pemimpin. As a publisher YOU are a GREAT LEADER. Kenapa? Karena melalui konten-konten yang Anda sebarkan, Anda menginspirasi audiens Anda; Anda menjadi panutan bagi mereka; Anda membentuk pola pikir mereka; Anda bisa mendorong mereka untuk melakukan perubahan-perubahan.

YOU are become so IMPORTANT! We all need YOU to lead us! We need YOU to make change… to change the world!!!

1 comment

1 Andhika Zulkarnaen { 07.10.11 at 5:28 am }

Very inspiring! :)

Leave a Comment